Sabtu, 18 Februari 2012

PKMD



PKMD Pandan sari
Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) merupakan wadah dalam praktik keperawatam komunitas dan keluarga tersebut dalam aplikasinya di masyarakat. PKMD dalam pelaksanaannya lebih menekankan pada penggerakan dan pemberdayaan masyarakat, dimana masyarakat yang merencanakan juga merekalah yang melaksanakan tindakan dalam setiap masalah yang ditemukan. Sedangkan tugas dari perawat praktikan hanya memfasilitasi dalam penemuan masalah kesehatan, pendidikan kesehatan dan evaluasi dari tindakan yang dilakukan bersama dengan masyarakat.
Untuk memperdalam konsep keperawatan komunitas (keluarga) secara optimal, maka mahasiswa diharapkan mulai belajar melakukan asuhan keperawatan komunitas (keluarga) di tatanan kehidupan nyata. Dan pada pelaksanaanya nanti diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang sudah diperoleh dari bangku perkuliahan dan diterapkan secara*langsung pada keluarga/komunitas.
Sasaran utama dari praktik askep keluarga/komunitas dalam PKMD ini adalah pada keluarga/komunitas yang mempunyai masalah kesehatan, mulai dari masalah bio-psiko-sosio-spiritual. Masalah yang sudah ditemukan kemudian secara bertahap dilakukan intervensi oleh perawat komunitas dengan melibatkan keluarga/komunitas, dengan menggunakan sumber daya yang ada.
Untuk Tahun Ajaran 2011/2012 kegiatan PKMD Akademi Keperawatan Lumajang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu adanya peran serta dalam usaha pengembangan Poskesdes dan program AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan). Poskesdes sendiri merupakan salah satu bentuk sarana pelayanan kesehatan yang berada di Desa atau Kelurahan yang tidak memiliki Puskesmas Induk dan Puskesmas Pembantu. Selain itu, terdapat isu - isu strategis yang diperkirakan akan mempengaruhi upaya Indonesia untuk mencapai target pembangunan air minum dalam kerangka MDG pada tahun 2015, dimana masyarakat nantinya diharapkan mempunyai kemudahan dalam mengakses pemenuhan kebutuhan air minum keluarga dengan mudah.
Upaya kesehatan yang dilaksanakan di Poskesdes adalah upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan Upaya Kesehatan Wajib yang dimaksud adalah upaya yang ditetapkan berdasarkan komitmen nasional, regional dan global yang mempunyai daya ungkit terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Ada enam pelayanan kesehatan dasar dalam Poskesdes, yaitu :
1) Promosi kesehatan,
2) Kesehatan lingkungan,
3) Kesehatan ibu dan anak serta KB,
4) Perbaikan gizi masyarakat,
5) Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular,
6) Upaya pengobatan dasar.
Harapannya setelah melakukan askep pada komunitas/keluarga, mahasiswa akan dapat memberikan kontribusi pada semua masalah kesehatan yang ada dalam masyarakat serta berperan aktif dalam kegiatan Poskesdes dan kegiatan AMPL di Desa Pandansari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar